Amazon dan PLN Kerjasama Bangun 4 Proyek Tenaga Surya 210 MW Dukung 100% Energi Terbarukan Emisi Karbon Nol Bersih 2040

Media Trans, G20 Denpasar

BUMN PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) mengumumkan perjanjian dengan perusahaan Amazon, untuk Proyek Tenaga Surya 210 MW di Indonesia.

PLN mengumumkan kesepakatan dengan Amazon untuk kapasitas energi terbarukan 210 megawatt (MW) di empat proyek tenaga surya di Indonesia, pada 13 November 2022, ini adalah perjanjian pertama dari jenisnya, bagi perusahaan untuk mengakses proyek tenaga surya skala utilitas tambahan di negara ini.

Berdasarkan perjanjian 210 MW ini, Amazon akan membeli energi terbarukan di Indonesia yang dipasok oleh proyek-proyek energi baru terbarukan ini, untuk menggerakkan operasinya di Indonesia.

Keempat proyek tenaga surya tersebut akan berlokasi di Bali dan Jawa pada jaringan Jawa-Madura-Bali. Komitmen Amazon untuk menjadi off-taker adalah pendorong utama untuk proyek-proyek ini, yang memungkinkan PLN memperkenalkan peluang serupa untuk organisasi lain yang tertarik, membuka lebih banyak opsi pengadaan energi terbarukan perusahaan di negara tersebut.

Inisiatif PLN dalam pengadaan energi terbarukan korporat, akan membawa Indonesia lebih dekat untuk mencapai tujuannya mencapai 23% bauran energi terbarukan pada tahun 2025.

“Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mengurangi emisi rumah kaca untuk mencapai target nol bersih pada tahun 2060,” ujar Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PT PLN (Persero).

“PLN berkomitmen penuh untuk mendukung program pemerintah mewujudkan energi bersih dan mempercepatnya dengan roadmap yang jelas untuk mencapai misi tersebut. Kolaborasi antara sektor swasta dan publik ini merupakan strategi kunci untuk memastikan masa depan energi yang bersih dan terjangkau” lanjut Darmawan.

“PLN akan membangun empat proyek pembangkit listrik skala utilitas baru yang masuk dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2021 – 2030, yang merupakan RUPTL terhijau yang pernah kita miliki dalam sejarah nasional, dengan penambahan pembangkit listrik energi terbarukan 20,9 gigawatt. Dengan perjanjian ini kami mendukung Amazon dalam perjalanannya menuju 100% energi terbarukan, dan berharap inisiatif ini akan menginspirasi kolaborasi di masa depan dengan perusahaan multinasional bercita-cita tinggi lainnya yang sadar lingkungan,” tambah Darmawan.

“Kami dengan senang hati mengumumkan proyek energi terbarukan pertama kami di Indonesia bekerja sama dengan PLN, menempatkan Amazon di jalur menuju 100% energi terbarukan,” kata Carly Wishart, Managing Director, Data Center Planning & Delivery for Asia-Pacific, Japan & China , Layanan Web Amazon.

“Tim PLN dan Amazon telah bekerja sama untuk membuka cara baru bagi korporat untuk mendapatkan energi terbarukan di negara ini. Proyek energi terbarukan kami akan memasok energi untuk operasi Amazon di Indonesia dan membantu memajukan tujuan Amazon untuk mencapai emisi karbon nol bersih di seluruh bisnisnya pada tahun 2040. Kami menantikan kolaborasi berkelanjutan ini dengan PLN untuk memungkinkan lebih banyak proyek energi terbarukan di Indonesia” tuntas Carly Wishart. (DED)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*