Ketum ADKI Fikri El-Aziz : ADKI Akan Melahirkan 1000 Desa Kreatif

Media Trans – Jelang enam bulan (23 Juni 2021) menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, berkolaborasi dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), untuk mengembangkan Desa dalam mendukung upaya kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya penciptaan lapangan kerja.

Kolaborasi kedua kementerian tersebut ialah membina Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI), yang secara resmi kepengurusan ADKI tingkat pusat, dilantik oleh Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi, pada 9 Juni 2021.

Dewan Pengurus Pusat ADKI dipimpin oleh Ketua Umum Fikri El-Aziz, pada struktur Dewan Pembina diisi oleh Menparekraf Sandi Uno dan Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi.

Wamendes PDTT Budi Arie mengapresiasi pengurus ADKI yang semuanya terdiri dari anak muda dengan berbagai spesifikasi keahlian. Menurutnya, sudah menjadi sebuah keniscayaan bagi generasi muda untuk membantu membangun desa.

“Harapannya ADKI bisa bergerak sesuai tagline-nya yakni melahirkan seribu desa kreatif. Harapannya tidak hanya seribu, harapannya semua desa bisa kreatif dan inovatif,” ujar Wamen Budi Arie, pada laman situs Kemendes PDTT.

Menparekraf Sandi Uno yang juga menjadi Dewan Pembina ADKI, secara virtual menyampaikan arahannya saat pelantikan DPP ADKI, selain mendukung keberadaan ADKI, juga mengingatkan jajaran pengurus ADKI agar dapat menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat Desa, dan mendukung sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi lokomotif kebangkitan perekonomian.

“Melalui program unggulan ADKI 1000 desa kreatif, saya berharap ADKI terus bersinergi dengan berbagai stakeholders, dan terus berinovasi dalam mewujudkan ekonomi kreatif yang berkelanjutan dan mampu menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya dan sebesar-besarnya bagi masyarakat Desa di Indonesia, mari terus tebarkan harapan agar sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi lokomotif, dan segera bangkit ke depan” jelas Menparekraf Sandi Uno.

Sementara Ketua Umum ADKI, Fikri El-Aziz, saat pelantikan DPP ADKI, mengemukakan ADKI bergerak di bidang pelatihan dan pendampingan desa kreatif.

Fikri berharap, program-program yang dijalankan ADKI ke depan dapat membantu desa-desa dalam menghadapi pandemi covid 19, terutama di sektor ekonomi.

 

“Pandemi bukan akhir bagi desa. Justru kita jadikan sebagai pembangkit semangat bagi desa-desa,” tandas Fikri.

“ADKI menjadikan desa kreatif sebagai energi dan diferensisasi dalam memajukan ekonomi kreatif di Desa. Desa Kreatif diharapkan dapat melahirkan berbagai Inovasi dalam percepatan pembangunan Ekonomi kreatif di desa untuk terwujudnya produk kreatif berkelanjutan serta membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat desa” demikian dijelaskan Fikri.

Kepengurusan DPP ADKI disahkan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 007/SK/A/VI/2021 tentang Pengesahan DPP ADKI Masa Jabatan 2021- 2024, berdasarkan SK tersebut, posisi Ketua Umum DPP ADKI dijabat oleh Tokoh Muda Penggerak Desa Kreatif, Fikri El-Aziz, Wamen Budi Arie Setiadi yang juga Ketua Umum Projo ditetapkan sebagai Ketua Dewan Pembina DPP ADKI, sementara Menparekraf menjadi Dewan Pembina.

Dewan Pembina ADKI : Menparekraf Sandi Uno (kiri), Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi (kanan)

DPP ADKI pada 21 Juni 2021, melakukan Deklarasi 46 Desa Kreatif Indonesia, disaksikan Dewan Pembina ADKI Menparekraf Sandi Uno dan Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi secara Virtual.

Dalam deklarasi tersebut juga dilakukan penandatangan MoU antara ADKI dan Pemerintah Desa dalam Program Pendampingan Desa Kreatif terpadu.

“Saya mendapat laporan dari Ketua Umum, ADKI saat ini tengah fokus melakukan Penciptaan Lapangan Kerja di desa lewat Program 1000 Desa Kreatif, ini program yang luar biasa, saya berharap berbagai stake holder baik pemerintah maupun swasta dapat mendukung gerakan ini, sesuai visi Presiden Jokowi,  Membangun Indonesia dari desa.” ujar Ketua Dewan Pembina ADKI, Budi Arie Setiadi.

Ketum DPP ADKI, Fikri El-Aziz menyampaikan bahwa Desa Kreatif akan menjadi solusi ditengah meningkatnya Positive Rate Covid-19. Pendampingan Desa Kreatif Terpadu yang dilakukan ADKI secara hybrid akan membantu masyarakat desa untuk menggali potensi ekonomi di desa dan memasarkannya baik secara nasional, maupun internasional.

ADKI merupakan Asosiasi Pemerintah Desa yang berfokus dalam pengembagan Potensi & Pelaku Ekonomi Kreatif di Desa. Dalam perjalanannya Senin, 21 Juni 2021 ADKI telah melakuan Deklarasi 46 Desa Kreatif Indonesia secara Virtual yang disaksikan Menparekraf RI, Sandiaga Uno, Wamendes PDTT RI, Budi Arie Setiadi, dan Perwakilan dari Bank Syariah Indonesia.

Dalam Deklarasi tersebut Bank Syariah Indonesia (BSI) yang diwakili, M.Isnaeni, Micro Banking Group Head menyampaikan sebagai bank syariah terbesar di Indonesia, BSI siap mendukung penuh gerakan Desa Kreatif Indonesia yang digagas ADKI bersama Dewan Pembina Sandiaga Uno & Budi Arie Setiadi.

Harapannya ke depan akan tercipta ekosistem ekonomi kreatif yang dapat membuka lapangan kerja baru serta meningkatkan kesejahteran bagi masyarakat desa sehingga dapat berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. (DED)

2 Comments

  1. Kami dari Desa Tuhaha, Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Maluku Tengah – Maluku
    Bagaimana kami bisa bergabung dengan ADKI ???

    • Shalom Pendeta
      Untuk mengetahui lebih jelas mengenai ADKI, dapat menghubungi Bpk Fikri El-Azis di 081380512825.
      Terima kasih, Tuhan Yesus memberkati.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*