Bahas Papua, DPP GAMKI Hadiri Konferda DPD GAMKI Papua Pegunungan, Menerima Kunjungan Pangdam Cendrawasih

Media Trans – DPP GAMKI belum lama ini berinteraksi dalam dua momen penting berbeda waktu dan lokasi terkait kondisi Papua, yakni pada 18 September 2023 menerima kunjungan Panglima KODAM XVII Cendrawasih ke Sekretariat DPP GAMKI di lt.4 Grha Oikoumene PGI Jakarta Pusat, dan Konferda I DPD GAMKI Provinsi Papua Pegunungan pada 20 September 2023 di Jayawijaya.

Sekretaris Umum DPP GAMKI Alan Singkali menghadiri Konferda I GAMKI Papua Pegunungan, didampingi Ketua DPD GAMKI Papua Dominggus Stanley Noya.

Sekum GAMKI Alan Singkali (bertopi khas Papua, tengah)

Nampak hadir dalam seremoni pembukaan Konferda tersebut, antara lain Bupati Yahukimo, yang juga Ketua Asosiasi Bupati se-Pegunungan Tengah, Didimus Yahuli, SH, Asisten II Bupati Jayawijaya, Kanwil Kemenag Kabupaten Yalimo, OPD Kabupaten Lanny Jaya, anggota DPRD, KNPI, serta Kelompok Cipayung, demikian keterangan media diterima redaksi.

Didimus Yahuli menyampaikan bahwa GAMKI merupakan wadah pembinaan, bertujuan mempersiapkan generasi muda Papua Pegunungan menjadi pemimpin yang kritis dan inovatif. Bupati Yahukimo membuka secara resmi rangkaian kegiatan Konferda.

Sekum GAMKI Alan Singkali mengemukakan “GAMKI harus jadi berkat untuk semua masyarakat dan gereja. Khususnya bagi pemuda gereja di delapan kabupaten/kota”.

Peserta Konferda yang hadir antara lain DPC Jayawijaya, DPC Yahukimo, DPC Yalimo, DPC Nduga, DPC Mamberamo Tengah, dan DPC Tolikara. DPC Pegunungan Bintang berhalangan hadir karena situasi yang masih kurang aman di Oksibil, DPC Lanny Jaya tidak memberikan kabar.

Kunjungan Pangdam Cendrawasih ke DPP GAMKI

Sementara Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi DPP GAMKI, yang juga putra asli Papua, dan Anggota DPR RI, Willem Wandik, bersama Ketum GAMKI Sahat M.P Sinurat menerima kunjungan Panglima KODAM XVII Cendrawasih, Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han.

Pertemuan yang juga dihadiri PP GMKI dan perwakilan MPH PGI, membicarakan tentang peran penting lembaga keumatan, khususnya gereja dalam menangani masalah di Papua.

Kunjungan Pangdam dalam rangka menjalin silaturahmi dengan DPP GAMKI dan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI).

Pertemuan Pangdam dengan para pengurus kedua organisasi tersebut, dapat menjadi dasar untuk membina hubungan baik di antara sesama komponen bangsa.

Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak saling berdialog dan berdiskusi mengenai pembangunan, kedamaian dan kesejahteraan masyarakat, serta peran aktif dari masing-masing organisasi yang dapat diberikan kepada masyarakat Papua.

Pertemuan Pangdam Cendrawasih dengan GAMKI, GMKI, dan PGI memiliki nilai strategis bagi Papua, karena salah satu pendekatan untuk menangani permasalahan di Papua, adalah dengan melakukan pendekatan keagamaan melalui tokoh-tokoh agama dan tokoh-tokoh pemuda.

Pangdam Cendrawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan menyampaikan paparan tentang Papua dalam dialog dengan DPP GAMKI

“Salah satu yang kami lakukan dalam menjaga keutuhan bangsa di Papua melalui pendekatan teologis,” ujar Pangdam XVII/Cenderawasih.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan, keterlibatan Gereja sangat dibutuhkan untuk menjaga kedamaian Papua, yang disebarkan melalui khotbah-khotbah dan kegiatan-kegiatan di Gereja.

Menurut Pangdam salah satu tugas angkatan muda kristen, pemuda gereja dan mahasiswa, adalah mengambil peran aktif dalam menjaga kedamaian di Papua dan mendukung pembangunan manusia dan kesejahteraan yang tengah dilakukan pemerintah saat ini.

Pangdam mengajak seluruh pemuda kristen, kader GAMKI dan kader GMKI untuk terlibat dalam upaya-upaya menjaga keutuhan bangsa dan membantu TNI dalam menjalin komunikasi dan hubungan baik dengan masyarakat di Tanah Papua.

Ketum GAMKI Sahat M.P Sinurat menyampaikan arah kebijakan dan program GAMKI, khususnya BRISENA dalam dialog bersama Pangdam Cendrawasih

Sementara itu, Ketua Umum DPP GAMKI Sahat M.P. Sinurat menyampaikan, diskusi dengan Pangdam XVII/Cenderawasih merupakan langkah awal untuk kerjasama GAMKI dengan TNI, agar terwujudnya hal baik di Tanah Papua.

“GAMKI tersebar di seluruh provinsi Indonesia termasuk di Papua, Papua Barat, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Papua Tengah. Bahkan DPD Papua Pegunungan akan mengadakan Konferda dalam waktu dekat,” jelas Sahat yang juga mantan Ketua Umum PP GMKI.

Sahat juga menyampaikan komunikasi dengan Presiden Jokowi terkait Brigade Serba Guna (Brigsena), satuan tugas bentukan DPP GAMKI, Presiden mendukung serta memberi arahan agar segera menghadap Panglima TNI untuk kerjasama dalam memberikan pelatihan dan wawasan kebangsaan.

“Program GAMKI untuk Papua berfokus menyediakan wadah pelatihan pemuda-pemudi asli Papua dengan nama Rumah Kemajuan, agar dapat memanfaatkan jalur afirmasi mulai dari LPDP, TNI, Polri, dan lembaga lain,” tandas Sahat.

Ketua MPO GAMKI Willem Wandik, mengapresiasi kunjungan Pangdam Cendrawasih

Ketua MPO GAMKI Willem Wandik, sebelumnya adalah Ketua Umum DPP GAMKI, menyatakan bahwa pentingnya semangat sinergitas TNI dan GAMKI, sebagai bentuk dukungan sesama anak bangsa bagi Papua.

“Kami berterima kasih atas kesediaan Mayjen TNI Izak Pangemanan hadir, dan sebagai momen pertama kalinya TNI berada di Grha Oikumene yang merupakan ruang bersama dengan elemen keumatan di Indonesia,” ujar Wandik.

Ketum GAMKI mengharapkan dukungan dan kerja sama yang baik ke depan dalam pelaksanaan beberapa rencana program kerja GAMKI yang akan dilaksanakan di Jakarta maupun Papua.

Turut hadir dalam pertemuan dengan Pangdam Cendrawasih, Willem Wandik, S.Sos. (Ketua MPO DPP GAMKI), Artinus Hulu (Sekretaris Umum PP GMKI), Pdt. Henrek Lokra (perwakilan MPH PGI) dan sejumlah Pengurus DPP GAMKI lainnya. (DED)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*