Kolaborasi OK OCE, Bhinneka.com, dan Aronawa Launching OK OCE Mall, Sandiaga Uno : “Digital menjadi kekuatan baru dalam ekonomi nasional”

Media Trans – Melansir dari Kemenkop UKM, jumlah UMKM mencapai 64,2 Juta, afirmasi 8 dari 10 pebisnis penggunaan platform digital telah membantu usahanya di pandemi.

Tantangan yang dihadapi UMKM saat ini 77% masih belum terdigitalisasi, padahal digitalisasi UMKM memberi banyak manfaat, antara lain menjadi lebih profesional, meminimalisir hilangnya target pasar, pemasaran makin luas, efisiensi biaya, peningkatan kualitas produk, demikian keterangan media OK OCE yang diterima redaksi mediatransformasi.com.

Dalam mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional, pelaku UMKM diharapkan menjalankan konsep 3G, yang dijalankan sektor pariwisata, sebagaimana disampaikan pendiri OK OCE yang juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno.

Menparekraf, Pendiri OK OCE Sandiaga Uno

Jurus 3G ala Sandiaga Uno

Jurus 3G yang dicetuskan Sandiaga Uno adalah Gercep, Geber dan Gaspol. Ketiganya memiliki kepanjangan dengan makna tersendiri.

Gercep yaitu gerak cepat, Geber berarti gerak bersama, lalu Gaspol yaitu garap semua potensi online. Gercep, dimana pelaku UMKM, harus bergerak cepat untuk mencari peluang.

Apalagi selama pandemi ini, banyak bermunculan pengangguran baru, bahkan inflasi yang yang menerjang Indonesia. Hal itu juga harus di dasari dengan konsep Geber, yaitu bergerak bersama dan berkolaborasi.

Terkait konsep ketiga yaitu Gaspol atau garap semua potensi online, Sandiaga mendorong pemanfaatan digitalisasi di segala sektor, termasuk Parekraf.

Digitalisasi UMKM

Menurut Sandi Uno, peluang ekonomi ada di depan mata bagi mereka yang bisa melakukan transformasi dengan memanfaatkan platform digital.

OK OCE Indonesia bersama Bhinneka.com melaksanakan On Boarding 100 UMKM OK OCE yang terdaftar di Bhinneka.Com, melalui launching http://okocemall.com di Gedung Auditorium Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf, Senin (15/8/22).

Sandi Uno mengapreasiasi kegiatan launching ini. “Gerakan nasional BBI mendorong UMKM agar on boarding ke platform digital, inilah yang dilakukan OK OCE bersama Bhinneka”. Salah satu cara untuk menekan inflasi bagi UMKM, salah satunya melalui digital.

Menparekraf Sandi Uno yang juga pendiri OK OCE, menambahkan digitalisasi UMKM juga diharapkan untuk terciptanya 1,1 juta lapangan pekerjaan baru di tahun 2022, dan 4,4 juta penciptaan lapangan kerja di 2024.

tangkapan layar halaman depan okocemall.com

“Untuk mewujudkan ini didorong dengan salah satunya digitalisasi. Digital menjadi kekuatan baru dalam ekonomi nasional” tandas Sandi Uno.

Ketua Umum OK OCE Indonesia, Iim Rusyamsi, mengatakan, inisiasi ini sudah dimulai dari 4 bulan lalu,, “Alhamdulilah, hadir hampir 100 UMKM yang kini go online. Ayo teman-teman ajak semua untuk gabung, masuk dalam http://okocemall.com ini sudah otomatis masuk ke dalam 3 platform, Bhinneka dan Aronawa“ungkap Iim.

Ketum OK OCE Indonesia Iim Rusyamsi

Iim juga menambahkan, kegiatan launching on boarding tersebut juga memberdayakan UMKM yang hadir dengan beli langsung produk melalui Bhinneka.Com.

Sementara itu, Vensia Tjhin sebagai Founder Aronawa/Chief of Commercial and Omnichannel Bhinneka, mengatakan, UMKM yang ingin naik kelas, salah satu caranya dengan on boarding.

“Pada launching ini juga UMKM berkesempatan Belanja Langsung Pengadaan kepada Pemerintah. ” Umumnya UMKM kalau jualan ke pemerintah, takut pajak, sudah ngibrit duluan. Tapi, hampir 60% UMKM yang on boarding di http://okocemall.com sudah siap jualan ke pemerintahan” ujar Vensia.

Vensia Tjhin Bhinneka.com

Inisiasi hampir 100 UMKM OK OCE yang on boarding di Bhinneka.com ini sudah sejak empat bulan lalu, yang mana dalam pelaksanaannya sudah sampai delapan kali sosialisasi kepada UMKM. Pendampingan kepada pelaku usaha kecil ini terus dilakukan, membuka pelaku usaha untuk melek digital.

Direktur Pengembangan Kekayaan Intelektual Industri Kreatif, Robinson, mengucapkan selamat atas launchingnya
http://okocemall.com.

Sementara itu, bukan hanya launching tetapi juga dilaksanakan penandatangan kerjasama antara Bhinneka Aronawa, dan OK OCE Indonesia.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membawa pelaku usaha UMKM, melangkah lebih maju dan naik kelas serta dapat ikut serta untuk mendukung salah satu program Kemenparekraf untuk memenuhi target jumlah lapangan kerja. (DED)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*