Pertama Kali, Sekretaris Jenderal WCC Hadiri Sidang MPL Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia

Media Trans Sekretaris Jenderal Dewan Gereja-Gereja se-Dunia (World Council of Churches) Pdt. Prof. Dr. Jerry Pillay, yang belum lama ini terpilih menjadi Sekjen WCC kesembilan, mulai melaksanakan tugasnya per 1 Januari 2023. Pdt Jerry Pillay adalah anggota Gereja Presbiterian Uniting di Afrika Selatan, dia berasal dari Afrika Selatan.

Kedatangan Sekjen WCC Pdt. Prof. Dr. Jerry Pillay dalam Sidang MPL PGI yang dihelat di Tuapeijat Mentawai Sumatera Barat, akhir Januari 2024, merupakan kehadiran perdana seorang Sekjen WCC, sebagaimana diungkap Ketua Umum PGI Pdt. Em. Gomar Gultom.

“Kami sangat bergembira karena baru pertama kali Sekjen WCC hadir dalam Sidang MPL PGI. Beberapa kali Sekjen-Sekjen WCC sebelumnya bekunjung ke Indonesia, namun baru kali ini seorang Sekjen WCC menghadiri Sidang MPL PGI,” ungkap Pdt. Gomar.

Menyangkut pergumulan ekumenisme dalam dalam konteks Asia, Sekjen WCC Pdt Jerry menggarisbawahi pentingnya memberi perhatian pada isu-isu bersama, seperti transformasi politik, instabilitas pemerintahan, kerapuhan ekonomi, konflik etnis dan agama, serta gerakan-gerakan pemisahan diri.

“Dalam seluruh tantangan itu, persekutuan Kristen harus diutamakan. Sangatlah penting bagi agama-agama lainnya untuk melihat kerjasama kekristenan. Tentu kita harus memberi perhatian pada instabilitas situasi yang ada, namun jauh lebih penting untuk menyatakan persekutuan Kristen yang kuat di tengah mayoritas masyarakat non-kristen, seperti Indonesia,” papar Pdt Jerry dalam Sidang MPL PGI.

Pdt Jerry juga mengapresiasi PGI yang mengelola kerjasama 96 sinode gereja anggota dengan baik.

“Realitas ini sangat positif dan menjadi kesaksian yang baik dalam konteks Indonesia. Peliharalah semangat kerjasama, kolaborasi, dan kesatuan,” ujar Sekjen WCC yang juga Dekan Fakultas Teologi dan Agama di Universitas Pretoria.

Pdt Jerry mengulas berbagai isu global yang menjadi perhatian WCC, yakni keadilan sosial, inklusifitas, rekonsiliasi dan perdamaian, penatalayanan lingkungan, dialog dan kerjasama antaragama, adalah isu-isu global yang juga digarisbawahinya.

“Dalam upaya kita menghadapi berbagai trend global yang ada, hendaknya kita dituntun oleh cinta Kristus yang memampukan kita menjadi agen rekonsiliasi dan persatuan di antara kepelbagian,” saran Pdt Jerry.

Pdt. Prof. Dr Jerry Pillay hadir di Indonesia, tidak sekedar datang dalam Sidang MPL PGI, tetapi juga untuk menghadiri pembukaan acara pertemuan Komisi ‘Faith and Order WCC’, yang berlangsung pada 1-8 Februari mendatang di Tondano Sulawesi Utara. (DED)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*