Korps Alumni KNPI DKI Jakarta dan OK OCE Indonesia, Gelar Dapur Umum Ramadhan

Media Trans – Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) penanggulangan pandemi Covid-19 di DKI Jakarta, telah disetujui Menteri Kesehatan diperpanjang hingga hingga 22 Mei 2020.
PSBB tahap pertama yang dimulai pada 10 April 2020, masih banyak terjadi pelanggaran aturan PSBB, Pemprov DKI Jakarta dan jajaran terkait, untuk tahap perpanjangan PSBB saat ini, akan secara tegas menindak berbagai pelanggaran aturan PSBB.
Pemberlakuan PSBB secara riil telah menimbulkan dampak sosial kemasyarakatan, kini dengan pengumuman resmi Presiden melarang mudik/pulang kampung, seakan menambah kesulitan masyarakat.
Saat kesulitan dialami masyarakat akibat pandemi Covid-19, Bulan Suci Ramadhan 1441 H tiba. Bulan puasa yang penuh berkah dan rahmat, lazim terjadi kegiatan silaturahim ataupun silaturahmi dalam masyarakat, kini bulan puasa harus dilaksanakan sesuai dengan aturan PSBB Covid-19.

Ketua Umum Korps Alumni KNPI DKI Jakarta, M. Taufik, bersama Wakil Ketua Umum OK OCE Indonesia, RH. VIctor Aritonang, dengan didukung OK OCE Peduli dan PT. Suri Nusantara Jaya, dalam rangka mengurangi dampak sosial kemasyarakatan akibat pandemi Covid-19, dan sehubungan dengan sudah mulainya Bulan Ramadhan, telah membuka Dapur Umum Ramadhan yang berlokasi di Gedung KNPI DKI Jakarta Rawamangun.

Dapur umum akan menyediakan makanan siap saji dan takjil berbuka puasa bagi masyarakat. Kegiatan dapur umum melibatkan pengusaha katering binaan OK OCE yang terkena dampak Covid-19.

“Katering-katering binaan OK OCE yang akan menyiapkan makanan, mereka menjadi juru masaknya, mereka juga sebenarnya turut terdampak Covid-19” terang RH. Victor Aritonang Wakil Ketua Umum OK OCE Indonesia kepada mediatransformasi.com.

Victor mengemukakan bahwa, kegiatan dapur umum akan berjalan direncanakan selama 20 hari, sampai menjelang Idul Fitri.

Sementara itu, Humas Korps Alumni KNPI DKI Jakarta, Ivan Parapat, kepada mediatransformasi.com menjelaskan, bahwa dapur umum diperuntukkan bagi masyarakat yang berpuasa.

“Kami akan menghubungi kontak person berbagai komunitas/perwakilan masyarakat, berdasar data yang masuk ke kami, ada komunitas ojol, pekerja rumah sakit, dan yang lainnya, mereka datang mengambil paket makanan dari dapur umum, hal tersebut untuk menghindari terjadinya kerumunan” ujar Ivan.

Dapur umum yang dibuka di Gedung KNPI DKI Jakarta, setiap harinya akan menyiapkan 250 bungkus makanan dan takjil berbuka puasa.

RH. Victor Aritonang Waketum OK OCE Indonesia, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada M. Taufik Ketua Korps Alumni KNPI DKI Jakarta, OK OCE Peduli, dan PT. Suri Nusantara Jaya atas kerjasama dan dukungannya dalam kegiatan Dapur Umum.

“Kami sangat mengapresiasi, dan berterima kasih, atas kerjasama dan dukungan dalam pelaksanaan Dapur Umum, khususnya kepada M. Taufik, Ketua Umum Korps Alumni KNPI DKI Jakarta, OK OCE Peduli dan PT. Suri Nusantara Jaya. Semoga keberadaan dapur umum ini dapat mengurangi beban masyarakat akibat pandemi Covid-19, dan masyarakat dapat tetap berpuasa sebagaimana mestinya” pungkas Victor. (DED)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*