Rekam Jejak Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Menjadi Kapolri

Media Trans -Kabareskrim Komjen Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, yang diajukan Presiden sebagai calon tunggal Kapolri, telah disetujui DPR menjadi Kapolri pengganti Jenderal Polisi Idham Azis, memiliki rekam jejak yang mumpuni menjadi Kapolri.

Berikut profil dan rekam jejak singkat Komjen. Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, dihimpun dari berbagai sumber :

Listyo Sigit Prabowo lahir di Ambon, 5 Mei 1969, menikahi Juliati Sapta Dewi Magdalena (Diana), dikaruniai tiga orang anak, dua anak laki-laki dan satu anak perempuan. Anak laki-laki yang sulung sudah menikah, berprofesi sebagai seorang dokter. Anak laki-laki kedua, sudah menamatkan kuliahnya dan berprofesi sebagai seorang Banker di salah satu Bank swasta nasional, sedangkan yang bungsu, anak perempuan, saat ini masa akhir perkuliahannya.

Listyo menjadi Kapolres Pati, Jawa Tengah pada tahun 2009, setahun kemudian pindah tugas menjadi Kapolres Sukoharjo.

Listyo merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991. Dia melanjutkan studi S2 Magister di Universitas Indonesia.

Tahun 2010, Listyo menjabat sebagai Wakapolrestabes Semarang, pada 2011 menjadi Kapolresta Surakarta.

Pada 2012, Listyo ditugaskan di Jakarta sebagai Asubdit II Dit Tipdum Bareskrim Polri. Bulan Mei 2013, bertugas di Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara.

Tahun 2014, Listyo Sigit Prabowo dipercaya menjadi ajudan Presiden Joko Widodo. Pada 2016, menjadi Kapolda Banten. Kemudia di 2018, Listyo Sigit Prabowo menjabat Kadiv Propam Polri.

Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri sejak tanggal 6 Desember 2019.

Komisaris Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si menjadi Kapolri termuda sepanjang sejarah, termasuk mengalahkan Kapolri termuda sebelumnya yakni Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Pengajuan nama Komjen. Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si sebagai Calon Tunggal Kapolri ke DPR RI, disampaikan pada Rabu 11 Januari 2021.

DPR telah menyetujui usulan Presiden Jokowi mengangkat Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi kapolri, pada rapat paripurna, Kamis (21/1), setelah sebelumnya Komjen Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si menyampaikan paparan dalam sesi uji kepatutan dan kelayakan, paparan berjudul “Transformasi Menuju Polri yang Presisi, Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan”.

8 poin dalam paparan makalah Komjen Listyo Sigit Prabowo saat disampaikan di DPR RI, ketika resmi menjadi Kapolri:

  1. Menjadikan Polri sebagai institusi yang prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan.
  2. Menjalin keamanan untuk mendukung program pembangunan nasional.
  3. Menjaga solidaritas internal.
  4. Meningkatkan sinergisitas dan solidaritas TNI-Polri, serta bekerja sama dengan APH dan kementerian/ lembaga untuk mendukung dan mengawal program pemerintah.
  5. Mendukung terciptanya ekosistem inovasi dan kreativitas yang mendorong kemajuan indonesia.
  6. Menampilkan kepemimpinan yang melayani dan menjadi teladan.
  7. Mengedepankan pencegahan permasalahan, pelaksanaan keadilan restoratif dan problem solving.
  8. Setia kepada NKRI dan senantiasa merawat kebhinekaan.

Beredar informasi diberbagai media, bahwa Komjen Listyo Sigit Prabowo akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Kapolri ke-25 pada Jumat (22 Januari 2021) menggantikan Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si, yang akan pensiun pada 1 Februari 2021. (DED)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*