Sejumlah Aktivis Deklarasikan KOBAR Kawal Jokowi Hingga 2024

Media Trans – Dinamika jelang tahun politik 2024, kian marak bermunuculan berbagai macam pernyataan sikap, kajian, polling, seminar, dan aksi memberikan dukungan.

Salah satu aksi memberikan dukungan dilakukan sejumlah aktivis menamakan diri KOBAR – Koalisi Bersama Rakyat. KOBAR dibentuk untuk mendukung sikap dan keputusan politik Joko Widodo yang saat ini masih menjabat Presiden RI.

Deklarasi KOBAR diadakan disuatu kafe dikawasan Tebet Jakarta Selatan, 18 Februari 2022. Deklarasi KOBAR dilakukan oleh 9 orang deklarator, yakni : Arnold L Panjaitan, Mukhtar Ansori Attijani, Muhammad Syarif Hidayatullah, Alan Ch Singkali, M.Huda Prayoga, Saud Marganda Tampubolon, N.Alex Ramandey, Sahdan, dan Sahat Martin Philip Sinurat, demikian keterangan media disampaikan Sahat Sinurat kepada redaksi.

Sahdan, salah seorang deklarator KOBAR, mengutarakan bahwa, selama menjalankan pemerintahan, kinerja Presiden Joko Widodo mampu memuaskan dan membawa perubahan berarti bagi Indonesia, hal itu terlihat dari pembangunan infrastruktur hingga gebrakan-gebrakan signifikan untuk kesejahteraan masyarakat hingga ke pelosok desa.

“Dengan semangat pembangunan dan semangat kerjanya sehingga pemerataan pembangunan yang tentunya berdampak pada keadilan dan kesejahteraan bagi masyarakat di seluruh Nusantara ini,” ucap Sahdan saat deklarasi KOBAR bertajuk #2024SETIABERSAMAJOKOWI.

“Sekali lagi saya tekankan, melalui forum deklarasi Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR) ini, kita akan setia bersama Jokowi,” tegas Sahdan.

Sahdan juga mengungkapkan bahwa, “Pemerintah dapat menangani pandemi yang hari ini bukan hanya dikenal di Indonesia, tetapi mancanegara adalah atas kerja Jokowi. Oleh karena itu, tidak ada alasan lain selain kita Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR) harus mengawal dan setia kepada Presiden Jokowi.”.

Wacana 3 Periode Jokowi

Deklarator KOBAR lainnya, Sahat Martin Philip Sinurat menjelaskan tentang wacana aspirasi masyarakat terkait masa jabatan Presiden Jokowi hingga tiga periode.

Sahat Sinurat

Sahat mengatakan, KOBAR akan menyuarakan aspirasi masyarakat jika ada desakan terkait perpanjangan masa jabatan presiden.

“Kalau terkait itu (masa jabatan tiga periode), yang pasti aspirasi masyarakat tidak bisa kita larang. Karena ini negara demokrasi. Apapun aspirasi masyarakat, termasuk ketika kami konsolidasi ke bawah, ternyata ada masyarakat dari pedagang, petani, nelayan dan lain-lain menyuarakan itu, ya kita harus suarakan,” jelas Sahat yang juga pendiri Rumah Milenial.

“Yang pasti apapun nanti di 2024, apakah Pak Jokowi akan memilih siapa yang akan meneruskan perjuangan beliau, atau kemudian terjadi amandemen UUD 1945 terkait masa jabatan Presiden, kami akan mengikuti dan setia bersama Jokowi,” tegas Sahat.

Sementara deklarator KOBAR lainnya, Mukhtar Ansori Attijani, menyampaikan bahwa KOBAR akan mengkonsolidasikan, mengawal betul Pemerintahan Jokowi, dan memastikan KOBAR akan setia dan tunduk dengan apa yang diperintahkan Jokowi.

“Urusan tiga periode dan sebagainya, itu bukan ranah kami, tentunya itu banyak proses yang harus dilalui. Itu kami serahkan kepada para stakeholder. Apapun perintah Jokowi, maka kami akan selalu setia, nurut, dan manut ketika Jokowi perintahkan kemana. Kami akan ikut,” tandas Mukhtar.

Berikut isi naskah deklarasi nasional Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR) bertajuk #2024SETIABERSAMAJOKOWI, dibacakan oleh deklarator Muhammad Syarif Hidayatullah.

Sejak menjadi Presiden Republik Indonesia pada tahun 2014-2019 di periode pertama. Lalu kembali diberi amanah oleh rakyat untuk melanjutkan kepemimpinannya di periode kedua tahun 2019-2024. Presiden Jokowi telah membuat perubahan yang sangat besar bagi Bangsa Indonesia dengan semangat kerja dan pembangunannya untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Maka, tidak ada pilihan lain bagi kami rakyat Indonesia, selain tetap setia bersama Jokowi.

Oleh karena itu, kami dari Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR), mendeklarasikan dan menyatakan;

  1. Presiden Joko Widodo adalah harapan rakyat Indonesia yang membawa bangsa dan Negara Indonesia menuju kemajuan.
  2. Mendukung penuh rencana pemindahan Ibu Kota Negara yang sedang dilakukan pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi.
  3. Setia mengawal Presiden Jokowi untuk menyelesaikan dan menyukseskan agenda pembangunan hingga akhir masa jabatannya.
  4. Tetap dan selalu setia bersama Presiden Jokowi serta siap menjalankan arahan Presiden Jokowi di tahun 2024.
  5. Koalisi Bersama Rakyat #2024SetiaBersamaJokowi

Sahat Sinurat sebagai Deklarator KOBAR, mengemukakan bahwa, dalam waktu dekat KOBAR akan deklarasi di beberapa daerah, termasuk Jawa, Sumatra Utara, Kalimantan, dan Papua. (DED)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*