Dr. Atnike Nova Sigiro, Aktivis dan Akademisi, Dipilih DPR Menjadi Ketua Komnas HAM 2022-2027

Media Trans – Penanganan kasus kematian Brigadir J akan memasuki babak baru yang paling ditunggu masyarakat, yakni sidang peradilan.

Berdasarkan keterangan media Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Kejaksaan Agung, Fadil Zumhana, yang mengemukakan berkas perkara pembunuhan berencana Brigadir J, dan berkas perkara penghalangan penyidikan, yang melibatkan Ferdy Sambo cs telah P-21, perkara akan segera disidangkan.

Kuasa hukum Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak bersama keluarga Brigadir J

Persidangan kasus pembunuhan Brigadir J, dengan tersangka Ferdy Sambo cs, direncanakan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Komisi Nasional HAM merupakan salah satu lembaga yang turut memberikan perhatian khusus terhadap kasus kematian Brigadir J.

Jelang digelarnya persidangan kasus kematian Brigadir J, Komisi Nasional HAM mengalami pergantian Ketua, menyusul periodisasi kepemimpinan Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik 2017-2022 telah berakhir.

Komisi III DPR RI hari ini, Senin (3 Oktober 2022) telah menetapkan Ketua Komnas HAM yang baru, yakni Dr. Atnike Nova Sigiro, M.Sc menggantikan Ahmad Taufan Damanik.

Keputusan menunjuk Atnike Nova Sigiro, alumni Kesejahteraan Sosial FISIP UI, menjadi Ketua Komnas HAM, bersamaan dengan keputusan menetapkan 9 orang Calon Komisioner Komnas HAM periode 2022-2027.

Dr. Atnike Nova Sigiro, M.Sc saat Uji Kepatutan dan Kelayakan di DPR RI, 30 September 2022

Profil Ketua Komnas HAM baru, Atnike Nova Sigiro

Berdasarkan penelusuran redaksi, Atnike saat ini adalah Dosen Ilmu Huhungan Internasional (Graduate School Of Diplomacy) Universitas Paramadina, menempuh pendidikan S1 Kesejahteraan Sosial FISIP Universitas Indonesia tahun 2000, meraih gelar M.Sc dari University Of London pada 2007, dan menjadi Doktor dari Universitas Indonesia pada 2018.

 

Kiprah aktivisme Atnike, pernah menjabat Direktur Jurnal Perempuan hingga September 2021, sebuah jurnal yang fokus di isu-isu gender, Jurnal Perempuan, terbit sejak 1996 di bawah Yayasan Jurnal Perempuan.

Atnike juga Pendiri dan Dewan Penasihat Lokataru Foundation pada tahun 2017, lembaga yang dipimpin Haris Azhar sebagai Direktur Eksekutifnya.

Atnike pernah menjadi Programme Manager of ASEAN Advocacy Asian Forum for Human Rigjts and Development (Forum ASIA).

Atnike Nova Sigiro saat lulus ujian disertasi Doktoral di UI 2018

Berikut Nama 9 Calon Komisioner Komnas HAM periode 2022-2027 :

  1. Abdul Haris Semendawai
  2. Anis Hidayah
  3. Atnike Nova Sigiro (Ketua)
  4. Hari Kurniawan
  5. Prabianto Mukti Wibowo
  6. Pramono Ubaid Tanthowi
  7. Putu Elvina
  8. Saurlin P Siagian
  9. Uli Parulian Sihombing

Berdasarkan keterangan media Komisi III DPR RI, 9 Calon Komisioner akan dibawa dalam Paripurna, besok, Selasa (4/10) untuk mendapatkan pengesahan. (DED)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*