Danau Toba Lokasi Balap Perahu F1H2O, Bupati Toba Poltak Sitorus Ajak Batak Center Turut Mensukseskan

Media Trans – Indonesia dalam waktu dekat akan menggelar lomba balap bertaraf internasional, setelah sebelumnya sukses menggelar balap motor Moto GP di Mandalika Lombok NTB, yakni lomba balap powerboat formula one.

Hal gelaran lomba bertajuk F1H2O, sudah disampaikan Menteri PAREKRAF Sandiaga Uno, setahun lalu sebagaimana diberitakan mediatransformasi.com pada Maret 2022.

“Kita akan menghadirkan di Danau Toba Formula 1 di atas air. Dengan adanya event olahraga internasional tematik di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, maka bisa membuat destinasi pariwisata unggulan Indonesia yakni Danau Toba bisa dikenal lagi,” ujar Menparekraf Sandi Uno saat 2022 sebagaimana dilansir dari inacraft.com.

Berdasarkan keterangan dalam maritim.go.id, dijelaskan bahwa F1H2O merupakan kejuaraan dunia power boat terkemuka yang telah diselenggarakan di 39 negara sejak tahun 1984.

Beberapa negara telah menjadi tuan rumah kejuaraan F1H2O, antara lain Italia, Prancis, Portugal, Uni Emirat Arab, Saudi Arabia, dan Cina.

Wakil II Menteri BUMN Kartika Wirjoatmojo mengungkapkan bahwa saat ini Injourney (PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero), holding BUMN yang dibentuk untuk sektor pariwisata) ditunjuk sebagai penyelenggara event F1H2O yang digelar di Danau Toba pada Februari 2023.
Raimondo di San Germano selaku General Manager H2O Management Ltd menyatakan sangat senang bisa memasukkan Indonesia ke dalam kalender kejuaraan dunia F1H2O untuk tahun-tahun mendatang. Dengan ditunjuknya Indonesia sebagai negara ke-40 yang menjadi tuan rumah acara balap H2O, maka hal ini memperlihatkan komitmen H2O untuk lebih mengembangkan olahraga di seluruh dunia.

“Kami memiliki pandangan yang sama dengan pemerintah daerah dan pemerintah pusat mengenai nilai dan tujuan dalam mempromosikan pariwisata internasional melalui olahraga. Indonesia menegaskan statusnya sebagai pemain utama dalam skala global dan F1H2O akan berkontribusi dengan antusias untuk pertumbuhannya tersebut,” jelas Raimondo dirilis maritim.go.id.

Menpora Menerima Keketuaan Indonesia Ajang F1H2O

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali, pada 16 Desember 2022 telah menerima bendera H2O sebagai tanda menjadi Keketuaan pertandingan F1H2O dari Arab Saudi.

“F1 H2O merupakan Kejuaraan Dunia Powerboat yang diselenggarakan oleh Union Internationale Motonautique dan disponsori H2O, sehingga seringkali disebut sebagai F2H2O. Kejuaraan ini merupakan kelas tertinggi dalam perlombaan Powerboat yang juga menyandang nama F1 seperti layaknya lomba balap mobil,” ujar Menpora Zainuddin Amali dalam acara serah terima Keketuaan F1 H2O (F1 Powerboat), atau ajang balap perahu super cepat dari Uni Emirat Arab, yang dihadiri juga Bupati Kabupaten Toba Poltak Sitorus.

Rencananya, event F1H2O ini akan dilaksanakan tanggal 24 -26 Februari 2023. Kegiatan akan dilaksanakan di Balige, Kabupaten Toba.

Venue yang mendukung perlombaan akan dibangun di kawasan Pelabuhan Muliaraja Napitupulu. Nantinya sirkuit yang dilintasi kapal cepat ini sepanjang 2,4 km.

Bupati Toba Poltak Sitorus Menemui Pengurus Batak Center

Perhelatan berskala internasional yang akan digelar di Kawasan Danau Toba di Balige pada 24-26 Februari 2023, yakni Formula One Powerboat (F1H2O), tinggal beberapa minggu lagi dilaksanakan, berbagai persiapan sudah dikerjakan baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Dalam rangka menggalang dukungan masyarakat, untuk turut mensukseskan gelaran bergengsi F1H2O, Bupati Toba Poltak Sitorus berkunjung ke sekretariat pusat Batak Center didaerah Tanah Abang Jakarta Pusat, Rabu 11 Januari 2023.

Forum pertemuan dengan Bupati Toba Poltak Sitorus, hadir jajaran pengurus Batak Center, diantaranya Ketua Umum Sintong M. Tampubolon, Sekjen Jerry R. Sirait, Bendum Lambok Sianipar, Maruap Siahaan, Erwin Tobing, Wasekjen Freddy F.M Pandiangan, aktivis warisan budaya Joe Marbun, dan sejumlah lainnya.

Bupati Toba Poltak Sitorus menyampaikan kesiapan pemkab Toba sebagai tuan rumah ajang F1H2O, dan mengajak Batak Center dengan jejaring organisasinya, untuk berpartisipasi turut mensukseskan gelaran lomba internasional tersebut.

“Terkait event formula satu H2O, atau F1 Powerboat ini, yang akan kita selenggarakan 24-26 Februari 2023, kita ingin supaya didukung oleh Batak Center, karena Batak Center itu organisasi seluruh orang Batak, kita ingin lewat mereka ini, orang-orang penting dalam banyak hal perlu dikomunikasikan agar sama pemahaman dan satu kata mensukseskan event ini, saya berterima kasih Batak Center menyatakan dukungannya” ujar Bupati Toba Poltak Sitorus saat ditemui usai pertemuan dengan Batak Center.

Poltak juga menyampaikan bahwa lomba F1H2O dikawasan Danau Toba, adalah event pertama kali balap formula one powerboat didanau air tawar, didanau super vulkanik terbesar didunia.

Sementara Ketua Umum Batak Center, Sintong M. Tampubolon dalam penjelasannya kepada media, menyambut baik kedatangan Bupati Toba Poltak Sitorus, dan mengapresiasi event yang akan diadakan dikawasan Danau Toba, yakni balap perahu F1H2O.

“Event ini harus sukses, ini kebanggaan kita orang Batak. Paling tidak orang Batak di perantauan akan datang ke Balige menyaksikan event ini” ujar Ketua Umum Batak Center, Sintong M. Tampubolon.

Tidak hanya memberikan dukungan mempromosikan dan mensosialisasikan event F1H2O, Batak Center pun menyampaikan sejumlah catatan untuk diperhatikan Bupati Toba, seperti soal kebersihan kawasan Danau Toba, ketersediaan toilet, perilaku masyarakat, dan sejumlah hal lainnya yang dapat menunjang keberhasilan gelaran event internasional, yang bisa bermanfaat bagi dunia pariwisata kawasan Danau Toba dan masyarakat sekitarnya secara khusus.

Merespon hasil pertemuan dengan Bupati Toba, menerima berbagai usul dan masukan dari forum pertemuan, Ketum Batak Center SM Tampubolon, pada akhir pertemuan, menyampaikan akan membentuk suatu Panitia atau Tim ad-hoc, yang nantinya bersama Bupati Toba, panitia atau tim ad-hoc ini akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait penyelenggaraan event F1H2O, seperti BUMN InJourney pelaksana event F1H2O, disampaikan Ketum Batak Center, nantinya diharapkan masyarakat tidak sekedar melihat balap perahu powerboat, tapi juga bisa menikmati budaya, tarian, kuliner, dan hal-hal unik dan produk unggulan kreasi UMKM masyarakat. (DED)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*