Workshop GABPEKNAS Forum Konstruksi Indonesia 2023, Mengungkap Progress dan Update Pembangunan IKN Nusantara, Serta Peluang Partisipasi Pengusaha Kontraktor Nasional

Media Trans – Forum Konstruksi Indonesia 2023 yang diadakan Kementerian PUPR RI, dari 1-3 November 2023 bertempat di JIEXPO Hall A Kemayoran Jakarta Pusat, selain berisi pameran berbagai lembaga dan perusahaan terkait bidang konstruksi, infrastruktur, pengembang, perumahan, property, dan beragam produk terkait lainnya.

Asosiasi badan usaha konstruksi GABPEKNAS (Gabungan Perusahaan Kontraktor Nasional) bersama AKTI (Asosiasi Kontraktor Terintegrasi Indonesia) sebagai bagian dari peserta forum Konstruksi Indonesia 2023, dalam kesempatan forum tersebut, mengadakan workshop bertajuk Forum Pengembangan Usaha Berkelanjutan, dengan topik “Strategi dan Peluang Pembangunan IKN”.

Bobby Tambunan, SE DPP GABPEKNAS, Ketua Pelaksana Workshop Strategi & Peluang Pembangunan IKN Nusantara

Bobby Tambunan Ketua Pelaksana diskusi, yang juga pengurus GABPEKNAS, dalam laporannya mengemukakan bahwa melalui workshop membahas IKN Nusantara, diharapkan pelaku usaha konstruksi dan masyarakat jasa konstruksi, dapat mengetahui kejelasan dan kepastian pelaksanaan pembangunan IKN Nusantara, serta mendapat gambaran ruang dan peluang bagi partisipasi perusahaan konstruksi dalam proyek pembangunan IKN Nusantara, dalam hal ini khususnya para anggota GABPEKNAS.

Diskusi dihadiri oleh pengurus GABPEKNAS dan AKTI, LSBU PSAT GABPEKNAS, LSBU AKTI, perwakilan LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi) Kementerian PUPR, dan masyarakat jasa konstruksi.

Hadir juga tokoh-tokoh konstruksi, diantaranya Ketua Umum GABPEKNAS TB Pangaribuan, Sekjen GABPEKNAS Mulyadi Guntur Aritonang, Ketua Umum AKTI Dr. Hendrik E. Purnomo, Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Kementerian PUPR, Taufik Widjoyono, dan Koordinator Bidang V LPJK PUPR Prof. Dr. Manlian Ronald A. Simanjuntak, ST., MT.

Narasumber diskusi yang hadir : Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan Otorita IKN Nusantara Dr. Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi, M.Si mewakili Kepala Otorita IKN Nusantara, Atyanto Busono Ketua Bidang Transportasi Satgas Pelaksanaan mewakili Dr Ir Danis H. Sumadilaga, M.Eng.Sc Kasatgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR, Firman Wijaya (Associate Professor) Asisten Staf Khusus Wapres, juga Advokat Senior, sementara yang berhalangan hadir : Bustami Zainuddin DPD RI, dan Ketua Komisi V DPR RI Lasarus, dengan moderator Dr Nurato, ST., MT.

 

Pj Gubernur DKI Jakarta yang diwakili oleh Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Provinsi DKI Jakarta, yakni Ketua Bidang Bina Konstruksi Yunis Indrasti, menjadi pembicara pembuka diskusi.

Yunis menyampaikan apresiasi dari Pemprov DKI Jakarta, atas diselenggarakannya diskusi GABPEKNAS membahas tentang IKN Nusantara.

Yunis mengemukakan bahwa Jakarta pasca diresmikannya IKN Nusantara, akan menjadi Kota Investasi Berskala Global, dan dalam lingkup DKI Jakarta, berdasar data BPS Prov DKI Jakarta, bidang konstruksi merupakan sektor terbesar ke empat.

 

Ketua LPJK PUPR Taufik Widjoyono yang didaulat membuka resmi diskusi, dalam kata sambutannya diantaranya mengimbau dan mengingatkan untuk adanya keselarasan dokumen proyek dengan realitas, agar tidak terjadi lagi perilaku berpotensi masalah hukum, seperti pencatutan nama dalam berkas proyek.

Narasumber dari Otorita IKN Nusantara dan Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Nusantara Kementerian PUPR, dalam pemaparanannya banyak menyampaikan progress report pembangunan IKN Nusantara, selain sebagai update informasi kepada masyarakat, juga untuk membantah rumor yang beredar tentang keberlangsungan proyek pembangunan IKN Nusantara.

 

Sementara Firman Wijaya yang juga praktisi hukum, mengemukakan bahwa kontraktor dalam negri dan lokal, harus lebih dilibatkan dalam proyek pembangunan IKN, serta penerapan instrumen penyelesaian hukum nasional sekalipun kontrak-kontrak menggunakan dwibahasa. (ROB)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*