Doni Monardo Pahlawan Kemanusiaan Pandemi Covid 19, Layak Menjadi Pahlawan Nasional

Media Trans – Ketika Indonesia mengalami wabah pandemi Covid 19, pada Maret 2020, pemerintah bergerak cepat membentuk Satuan Tugas Penanganan Covid 19, dan inisiator utama pembentukan Satgas Covid 19 tersebut adalah Doni Monardo, yang saat itu menjabat Kepala BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana).

Presiden Jokowi sejak 13 April 2020 menetapkan Indonesia sebagai darurat Covid-19, dan Doni dipercaya mengemban tugas penting sebagai Kasatgas Penanggulangan Covid 19.

Kiprah Satgas Covid 19 mendapat pujian dari banyak pihak, termasuk masyarakat internasional, atas keberhasilannya mengatasi terpaan virus corona yang tidak sedikit memakan korban nyawa, hingga kini Indonesia telah resmi keluar dari masa pandemi Covid 19.

Kepala Satgas Covid 19 Doni Monardo

Penghargaan Kiprah Doni Monardo Melawan Pandemi Covid 19

Kiprah Doni Monardo melawan pandemi Covid 19, berbuahkan sejumlah penghargaan.

Presiden pada Maret 2023 memberi Penghargaan Penanggulangan Covid 19 kepada Doni Monardo. Penghargaan itu diberikan Presiden berkat terobosan Doni, yang menerapkan strategi pentahelix dalam penanggulangan Covid 19.

Penghargaan penting lainnya yang diperoleh Doni Monardo, diantaranya mendapatkan penghargaan Bintang Mahaputera Adipradana dari Presiden Joko Widodo pada Agustus 2021.

Beliau juga mendapatkan penghargaan internasional dari PBB, sebagai tokoh penanggulangan bencana terbaik di dunia pada November 2021.

Pahlawan Kemanusiaan, Doni Monardo Wafat

Pahlawan kemanusiaan pandemi Covid 19 itu, kini telah wafat, meninggalkan kita untuk selamanya. Doni Monardo mengembuskan nafas terakhirnya di RS Siloam Jakarta Selatan pada pukul 17.32 WIB Minggu, 3 Desember 2023, setelah menjalani perawatan intensif di RS Siloam, Semanggi sejak 17 September 2023.

Doni telah mendapatkan perawatan medis sejak September lalu karena sakit yang diidapnya.

Letnan Jenderal TNI (Purn) Dr (HC) Doni Monardo mantan Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid 19, meninggal pada Ahad, 3 Desember 2023. Ia pernah menjabat antara lain sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) periode 2019-2021, Anggota TGPF Tragedi Kanjuruhan, Komandan Paspampres dan Pangdam Pattimura, dan terakhir Doni Monardo menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat atau PPAD untuk periode 2021-2026.

Almarhum Doni Monardo Senin 4 Desember 2023, dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Kapusdatinkom BNPB Abdul Muhari mengatakan almarhum Doni Monardo dilepas secara militer, dari rumah duka ke Mako Kopassus Cijantung dengan Inspektur Upacara (Irup) Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Arif Rahman.

Letjen (Purn) DR (HC) Doni Monardo, lahir pada 10 Mei 1963, diketahui juga adalah Abang dari artis Masayu Anastasia, demikian diberitakan Insert Live.

Melalui unggahan di Instagram Masayu membagikan kabar duka kepergian sang kakak untuk selama-lamanya.

“Telah berpulang ke rahmatullah Abang kami… Letjen Purn DR HC Doni Monardo, (Kelahiran 10 Mei 1963) pada hari Ahad, 3 Desember 2023 pukul 17.35 WIB,” tulis Masayu.

Doni Monardo Layak Jadi Pahlawan Nasional

Menteri Sosial Tri Rismaharini kepada media saat di TMP Kalibata, mengemukakan
”Menurut saya, (Doni) layak jadi pahlawan nasional. Pak Doni sangat rendah hati. Beliau tidak mau menonjol-nonjolkan, dedikasi dan kerjanya bisa dirasakan”, menanggapi wacana pengusulan Doni Monardo menjadi Pahlawan Nasional,
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengatakan, pengusulan Doni Monardo sebagai pahlawan nasional, harus dikaji lebih dulu.

“Di bidang personel nanti kita akan mengusulkan. Nanti ada kriteria yang diatur,” tutur Agus Subiyanto kepada media di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. (DED/berbagai sumber)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*