Irjen Pol Marthinus Hukom KaDensus 88 Pemburu Teroris, Ditunjuk Presiden Menjadi Kepala BNN

Media Trans Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Komjen. Pol. Prof. Dr. Drs. Petrus Reinhard Golose, MM, sebelum memasuki usia pensiun dibulan Desember 2023, mengungkapkan telah terjadi penurunan angka penyalahgunaan narkoba selama 2 tahun terakhir.

Petrus mengatakan angka pengguna narkoba turun 0,022 persen.

“Ini adalah public expose dari pada penelitian yang dilakukan bersama-sama antara BNN dengan BRIN dan BPS. Jadi kita lihat bahwa selama 2 tahun terakhir ini ada penurunan pengguna narkotika di Indonesia dari 1,95 persen ke 1,73 persen. Kalau kita lihat jumlah ini kita lihat hanya menurun 0,22 persen,” ujar Petrus usai acara Uji Publik Hasil Pengukuran Prevalensi Penyalahgunaan Narkoba 2023, di Hotel Grand Sahid Jaya, Rabu (29/11/2023).

Presiden Joko Widodo Tunjuk Kadensus 88 Jadi Kepala BNN

Presiden Joko Widodo telah menunjuk Kepala Detasemen Khusus 88 Anti Teror Irjen Pol. Dr. Marthinus Hukom, S.I.K, M.Si menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) yang baru, menggantikan Komjen Petrus R Golose yang memasuki masa pensiun.

“Sudah, penggantinya IJP Marthinus Hukom Kadensus 88,” kata As SDM Kapolri Irjen Dedi Prasetyo, Senin (4/12/2023), kepada media.

Staf Khusus Presiden, Ary Dwipayana, hari ini (Selasa 5 Desember 2023) dalam rilis keterangannya kepada media, menjelaskan, “Bapak Petrus Golose pensiun pada tanggal 1 Desember 2023. Karena itu, pada 29 November 2023, Bapak Presiden telah menandatangani Keppres pemberhentian Bapak Petrus Golose sebagai Kepala BNN”.

Berikut kutipan petikan sebagian isi Keputusan Presiden tentang “Pemberhentian Komjen Pol. Petrus R. Golose sebagai Kepala BNN, dan Pengangkatan Irjen Pol. Marthinus Hukom sebagai Kepala BNN” :

  • Memberhentikan dengan hormat Sdr Komjen Pol. Prof. Dr. Petrus R. Golose dari jabatannya sebagai Kepala Badani Narkotika Nasional terhitung sejak pelantikan pejabat baru, disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya. selama memangku jabatan tersebut.
  • Mengangkat Sdr. Irjen Pol. Marthinus Hukom, S.I.K., M.Si., sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional, terhitung sejak saat pelantikan dan kepadanya diberikan hak keuangan dan fasilitas lainnya setingkat Menteri, sesuai peraturan perundangundangan.”

Bintang Marthinus Hukom dengan sendirinya bertambah satu, sehingga menjadi bintang tiga berpangkat Komisaris Jenderal.

Profil Irjen Pol Marthinus Hukon

Marthinus Hukom merupakan pria kelahiran, Ameth, Nusalaut, Maluku Tenggara pada 30 Januari 1969.

Dia merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1991 dan satu angkatan dengan Kapolri, Jenderal Listyo Sigit. Prabowo.

Marthinus tercatat pernah menjadi Katim Anti Teror Bom Polda Metro Jaya (2001-2002) dan Analis Intelijen Satgas Anti Teror Polri (2002-2015), pernah menjabat sebagai Kelompok Ahli BNN RI Bidang Intelijen (2010-2012).

Pernah ditunjuk menjadi Kabid Intelijen Densus 88 AT Polri pada tahun 2010. Pada tahun 2015, ia diangkat menjadi Wakadensus 88 AT Polri.

menjadi Direktur Penegakan Hukum Kedeputian Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT RI pada tahun 2016.

Pada tahun 2018, ia kembali diamanahkan untuk menjabat sebagai Wakadensus 88 AT Polri, menjadi Kadensus 88 AT Polri pada tahun 2020. (DED/berbagai sumber)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*